Inilah Penyebab Wajah Berminyak Dan Cara Mengatasinya

Sehatdaily.com-Pernah melihat orang dengan muka berminyak? Bagaimana menurut Anda? Apakah hal tersebut layak diberi apresiasi? Minyak tubuh manusia sejatinya memiliki fungsi untuk menjaga tubuh tetap lembab. Namun, apabila minyak pada wajah tersebut berlebih, justru dapat menjadi penyebab timbulnya bakteri.


Tentunya apabila Anda ingin mengatasi wajah berminyak, perlu Anda ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan wajah Anda menjadi berminyak. Bila sudah mengetahuinya, langkah selanjutnya adalah tindakan preventif agar muka Anda menjadi tidak berminyak.

Mari mengenal sebum, atau minyak alami kulit

Kelenjar keringat adalah kelenjar yang ditemukan pada semua bagian tubuh. Kelenjar kecil tapi banyak ini, terletak menempel tidak jauh dari pori-pori kulit dan memproduksikan keringat yang dikenal dengan sebutan sebum.

Sebum inilah yang berfungsi menjaga kulit untuk tetap lembap dan juga sehat, mencegah kulit kering dan gatal serta melindungi kulit dari segala bakteri dan subtansi lainnya yang ingin masuk.

Keringat atau sebum merupakan minyak yang tidak mudah larut yang kehadirannya mampu menyebabkan bulu kulit terasa lebih lembut dan lentur.

Secara mudah alurnya dapat digambarkan seperti ini, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat akan dikeluarkan melalui pori-pori dalam bentuk tetesan, melapisi bulu-bulu pada kulit, lalu naik ke permukaan kulit, mengangkut kulit sel yang telah mati, kotoran dan bakteri sepanjang perjalanannya di permukaan kulit.

Penyebab Produksi Minyak Berlebih Pada Wajah

Beberapa penyebab wajah berminyak dapat disebabkan oleh beberapa faktor dibawah ini. Menurut seorang ahli dermatologi, Joshua Zeichner, terdapat beberapa penyebab mengapa kulit atau wajah seseorang menjadi sangat berminyak.

1. Hormon Reproduksi

Salah satu penyebab utama mengapa wajah Anda berminyak adalah karena hormon reproduksi. Hadirnya hormon reproduksi terutama pada masa menstruasi dapat memicu produksi keringat. Kondisi ini secara lebih lanjut dapat menyebabkan jerawat.

2. Karena Keturunan

Apabila orang tua Anda memiliki jenis kulit wajah berminyak, maka kemungkinan besar Anda pun akan memiliki wajah atau muka berminyak pula. Solusinya adalah Anda harus sering-sering membersihkan wajah dengan sabun muka.

3. Faktor Stres

Pada saat Anda sedang stres maka organ dalam tubuh Anda akan otomatis akan diatur fight to fight mode, kondisi ini memicu peningkatan produksi keringat oleh kelenjar minyak. Untuk dapat meredakan rasa stres, Anda bisa mengucapkan istighfar dalam beberapa kali agar lebih tenang.

4. Penggunaan Kosmetik

Menggunakan kosmetik yang terlalu berat dapat menghalangi keluarnya keringat dari pori-pori dan menyebabkan adanya timbunan keringat. Gunakan kosmetik secukupnya, dan jangan lupa pula untuk membersihkan wajah setelah menggunakan kosmetik.

Bagaimana Cara Mengatasi Minyak Berlebih Pada Wajah

Anda tidak bisa mencegah kelenjar keringat untuk memproduksi keringat, tapi Anda juga tidak sebaiknya keluar rumah dengan keadaan wajah berminyak. Jika Anda memiliki wajah yang berminyak pasti terlintas dipikiran Anda untuk selalu mencuci muka, bukan?

Tetapi ternyata, ide itu malah membuat keadaan semakin memburuk. Mencuci muka terlalu sering justru mampu menyebabkan kulit wajah iritasi dan memicu kelenjar keringat untuk memproduksi keringat lebih banyak lagi.

Kondisi yang sama bisa terjadi apabila Anda menggunakan pembersih wajah yang keras. Anda bisa mulai menggunakan pembersih wajah yang tidak terlalu keras dan bebas minyak, sebanyak tidak lebih dari dua kali dalam sehari.

0 Response to "Inilah Penyebab Wajah Berminyak Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel