Cara Mengatasi Gejala Asam Lambung Dengan Minuman

Sehatdaily.com-Saat kalian mengalami gejala asam lambung artinya harus ada pola makan yang kalian wajib perbaiki. Karena, beberapa makanan bisa saja memcium asam lambung menjadi lebih parah. Tidak hanya makanan saja, dalam hal minuman kalian pun harus segera memilah minuman mana yang sebaiknya kalian konsumsi dan tidak konsumsi saat terdapat gejala asam lambung.


Untuk itulah pada artikel kali ini saya akan membuatkan beberapa list contoh minuman yang sebaiknya kalian konsumsi saat gejala asam lambung naik untuk mengurangi dampak lebih lanjut dari asam lambung. Cara mengatasi asam lambung dengan minuman bisa kalian praktekan dengan beberapa minuman di bawah ini.

1. Teh Herbal

Siapa sangka jika teh herbal ini bisa kalian gunakan sebagai salah satu cara mengatasi gejala asam lambung. Pilihlah teh herbal jenis Chamomile dan Licorice. Teh herbal licorice memiliki manfaat meningkatkan lapisan lendir di eskofagus sehingga terlindungi dari iritasi yang disebabkan oleh asam lambung

Tetapi ada beberapa jenis terh herbal yang perlu kalian hindari saat muncul gejala asam lambung, contohnya adalah teh herbal jenis peppermint. Hal ini dikarenakan peppermint dapat menyebabkan refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif.

2. Minuman Susu Nabati

Umumnya, saat gejala asam lambung mulai naik, kita harus menghindari minum susu. Namun, jenis susu yang harus kita hindari sebenarnya adalah jenis susu yang mengandung banyak lemak, contohnya adalah susu sapi.

Sedangkan susu yang mengandung rendah lemak aman untuk kita konsumsi, contohnya seperti susu kedelai, susu kacang almond, dan susu kacang mede. Dilansir dari laman healthline susu kedelai merupakan salah satu jenis susu yang paling aman untuk dikonsumsi saat gejala asam lambung naik.

Sedangkan susu almond mengandung sifat basa yang membantu menetralkan cairan asam lambung dan meredakan gejala asam lambung. Hal ini disebabkan jenis susu nabati mengandung lebih sedikit lemak dibanding jenis susu lainnya, sehingga lebih mudah dicerna di dalam tubuh.

3. Minuman Jus

Beberapa jus dari buah ataupun sayuran yang mengandung asam yang rendah dapat kalian konsumsi untuk menghindari naiknya asam lambung, contohnya seperti jus wortel, bayam, mentimun, ataupun lidah buaya. Di lain hal, terdapat beberapa buah yang perlu kalian hindari untuk di konsumsi saat asam lambung sedang naik, contohnya seperti apel, nanas, jeruk dan sebagainya.

4. Minuman Sejuta Ummat (Air Putih)

Rutin minum air putih merupakan salah satu tindakan yang sederhana untuk mencegah asam lambung. Tetapi, walau begitu, kalian tetap harus berhati-hati saat minum air putih. Kebanyakan pH air terdapat pada netrah hingga 7. Hal ini tidak menutup beberapa kemungkinan kalau minum air putih dapat meningkatkan kadar pH dari setiap makanan yang kalian konsumsi.

Walau kalian dianjurkan untuk meminum air putih, namun bukan berarti kalian bisa meminum air putih sebanyak-banyaknya. Terlalu banyak minum air putih justru dapat mengganggu keseimbangan mineral di dalam tubuh dan dapat menyebabkan refluks asam lambung.

5. Minum Air Kelapa

Pohon kelapa dikenal sebagai pohon yang dari akar hingga buahnya memiliki banyak sekali manfaat. Nah, salah satu manfaat dari buah kelapa yang terdapat pada airnya adalah dapat membantu mengatasi gejala asam lambung. Air kelapa mengandung tinggi kalium yang membantu menjaga keseimbangan pH di dalam tubuh.

0 Response to "Cara Mengatasi Gejala Asam Lambung Dengan Minuman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel