Cara Mengatasi Kedinginan Saat Sedang Dingin

Sehatdaily.com-Berawal dari hujan yang terus turun sepanjang hari membuat tubuh saya kedinginan di dalam kosan. Alhasil selimut dan bantal membuat saya betah berlama-lama di atas ranjang. Padahal sebenarnya saya telah di tunggu oleh keluarga saya untuk makan siang bersama di suatu tempat perbelanjaan.


Kejadian yang sama juga saya alami saat saya naik gunung. Pada ketinggian 2900 mdpl tubuh saya menggigil kedinginan, beberapa tetes air keluar dari hidung. Teman saya berpikir saya terkena hipotermia, alhasil mereka menyarankan saya untuk melakukan beberapa hal dibawah ini untuk mengatasi kedinginan.

Menggunakan Pakaian Berlapis

Cara pertama yang saya rekomendasikan saat sedang dingin agat tubuh kalian tetap terasa hangat adalah dengan menggunakan pakaian berlapis. Cara ini cukup efektif meredam dingin tergantung dengan bahan dari pakaian yang kalian pakai.

Usahakan lapisan pakaian yang kalian gunakan berurutan dilihat dari ketebalannya, seperti contoh dari kaos dalam, lalu dilapisi kaos biasa, setelah itu dilapisi kembali dengan sweater, yang terakhir kalian bisa melapisi tubuh kalian dengan jaket gunung ataupun jaket tebal yang di dalamnya dilapisi dengan kapuk agar terasa lebih hangat.

Jangan Berhenti Bergerak

Pernahkan kalian mendengar hipotermia? Ternyata hipotermia ini sering sekali menyerang pendaki gunung pemula. Konon katanya orang yang meninggal di gunung karena hipotermia lebih banyak ketimbang yang meninggal karena tersesat ataupun jatuh dari jurang.

Hal itu menunjukkan betapa kita tidak boleh meremehkan tubuh kita saat sedang kedinginan. Karena bisa jadi tubuh kalian sudah tidak kuat lagi menahan rasa dingin dan kalian memaksanya akhirnya terkena hipotermia. Nah, salah satu cara untuk mencegah hipotermia ini adalah dengan terus bergerak.

Artinya kalian harus menggerakan tubuh kalian agar tetap terasa hangat. Entah berjoget, senam kecil, lompat-lompat dan yang lainnya asalkan tubuh kalian terus bergerak sehingga membuat tubuh kalian terasa hangat.

Menggosokkan Kedua Telapak Tangan

Cara ini mungkin sudah pernah kalian lakukan, karena untuk menghangatkan badan cara ini merupakan salah satu jalan yang paling mudah agar kalian bisa menghangatkan badan. Menggosokkan kedua telapak tangan dapat sedikit membantu kalian agar merasa lebih hangat.

Menempelkan Kedua Telapak Tangan di Ketiak

Saat saya sedang naik gunung pada ketinggian 3.100 mdpl saya merasa sangat kedinginan. Beberapa tetes air pun keluar dari hidung saya. Teman saya khawatir saya terkena hipotermia. Karenanya, teman saya menyarankan saya untuk menempelkan kedua telapak tangan di ketiak.

Ternyata cara ini cukup efektif untuk menghangatkan badan saya. Dengan menempelkan kedua telapak tangan di ketiak, maka telapak tangan yang tadinya sangat dingin akan berubah menjadi hangat karena pengaruh dari hangatnya ketiak tubuh kalian.

0 Response to "Cara Mengatasi Kedinginan Saat Sedang Dingin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel