Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual Dengan Bahan Alami

Sehatdaily.com-Perut kembung dan juga mual kerap kali kita alami setelah selesai makan. Tetapi tahukah kalian apa itu perut kembung? Perut kembung atau flatulensi adalah gangguan yang terjadi akibat adanya peningkatan jumlah gas atau udara pada saluran pencernaan. Selain itu, perut kembung juga seringkali disertai dengan rasa mual.


Perut dapat menjadi kembung bisa jadi dikarenakan gas-gas eksogen yang ditelan (aerophagia) saat sedang makan, minum, bisa meningkatkan volume air liur secara berlebihan. Perut kembung juga bisa disebabkan oleh penyakit gastroesophageal reflux yang bisa menyebabkan perut menjadi kembung disertai rasa mual.

Oleh karena itu, tentunya kita ingin mengatasi perut kembung ini dengan baik dan benar. Karenanya, berikut ini saya selaku admin sehatdaily akan menyajikan bagaimana cara mengatasi perut kembung dan mual menggunakan bahan-bahan alami dengan mudah.

Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Jeruk nipis, Jahe dan juga Madu

Pertama kalain perlu mempersiapkan beberapa bahan alami untuk mengatasi perut kembung dan mual yang terdiri dari sari jeruk nipis, sari jahe dan juga madu.

Caranya, kalian campurkan ketiga bahan tersebut kedalam satu gelas air hangat, lalu aduk hingga rata, terakhir segera minum selagi hangat.

Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Jahe, Teh, dan juga Madu

Selain dapat menghangatkan perut, obat kembung dari bahan alami ini juga terasa nikmat. Cara membuatnya, cukup taruh jahe yang sudah dimemarkan ke dalam gelas lalu masukkan teh panas.

Diamkan beberapa saat kemudian minum selagi hangat. Bila kalian ingin lebih nikmat, kalian bisa menambahkan madu sebagai pemanisnya.

Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Baking soda dan lemon

Soda kue juga dapat disebut sebagai natrium bikarbonat, bekerja sebagai antasid yang juga efektif untuk mengeluarkan gas yang menjadi penyebab perut menjadi kembung.

Bahan alami yang mudah ditemukan di dapur ini bekerja lebih bagus apabila dikombinasikan dengan air lemon.

Cara mengobati kembung pada perut secara tradisional:

  • Peras jus dari setengah lemon ke dalam segelas air hangat
  • Tambahkan satu sendok teh soda kue ke dalamnya
  • Minum ini segera sebagai salah satu cara mengatasi perut kembung dan mual dengan cepat menggunakan bahan alami
  • Jika tidak memiliki lemon, kalian cukup mencampur satu sendok teh soda kue dalam enam ons air (sedikit kurang dari satu gelas) dan meminumnya.


Namun, tidak disarankan membuat kebiasaan meminum soda kue setiap kali perut kalian terasa kembung karena cara ini hanya sementara dalam meredakan perut kembung, karena tidak baik untuk kesehatan dalam jangka panjang.

Perlu kalian ingat! Jangan konsumsi soda kue secara berlebihan karena dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, soda kue tidak dianjurkan pula bagi mereka yang sedang menjalani diet yang dibatasi oleh natrium.

Cara Mengatasi Perut Kembung Dengan Pepaya dan Nanas

Siapa yang tahu jika pepaya dan nanas ini dapat kita gunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi perut kembung dan mual.

Cara mengatasi perut kembung dan mual menggunakan pepaya dan nanas sangatlah mudah. Caranya adalah dengan mengonsumsi buah pepaya dan nanas, karena dalam dua buah ini mengandung enzim tertentu yang bisa membantu perut dalam mempermudah memecah makanan dan membuat pencernaan lebih mudah.

Buah nanas dan juga pepaya memiliki enzim seperti bromelain dan juga papain. kalian bisa memilih untuk makan buah-buahan ini sebelum makan nasi agar dapat mencegah perut kembung dan mual.

Mengatasi Perut Kembung dan Mual Dengan Bawang Putih

Siapa yang tahu bahwa bawang putih ini dapat membantu mencegah perut kembung. Obat herbal perut kembung ini terbilang efektif mengatasi perut kembung karena dapat membantu selama detoksifikasi.

Bawang putih juga bekerja melawan ragi yang tidak diinginkan di dalam usus. Caranya, kalian cukuk membuat sup yang ditambahkan beberapa siung irisan bawang putih yang sudah ditumis, setelah itu nikmati sup selagi hangat.

0 Response to "Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual Dengan Bahan Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel