Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah Secara Alami

Sehatdaily.com-Memiliki pori-pori wajah yang terlihat besar mampu menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang, terutama bagi kaum wanita. Ketimbang pria, wanita lebih memperhatikan penampilan fisik mereka, dari wajah hingga seluruh bagian tubuh. Terkadang, untuk menutupi pori-pori mereka yang besar, wanita akan menggunakan make up.


Pori-pori atau titik-titik yang ada pada wajah, sebenarnya merupakan folikel rambut yang terbuka. Tiap folikel ini mengandung kelenjar minyak, karena itu tidak jarang pori-pori yang membesar menjadi biang keladi tumbuhnya jerawat. Umumnya, pori-pori yang terdapat pada bagian dahi dan hidung terlihat lebih besar ketimbang bagian lainnya.

Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya pori-pori kita tidak bisa membesar seperti yang selama ini kita bayangkan. Hanya saja, pori-pori dapat lebih terlihat karena beberapa faktor. Besar kecilnya pori-pori seseorang adalah murni karena faktor genetika. Orang yang memiliki kulit berminyak cenderung pori-porinya lebih kecil ketimbang orang yang memiliki karakteristik kulit kering.

Nah, salah satu faktor yang menyebabkan pori-pori kita terlihat membesar adalah make up. Make up dapat menutupi kelenjar minyak kita, sehingga sel kulit mati akan terperangkap dalam folikel, atau faktor lainnya seperti paparan sinar UV matahari dan juga kadar kolagen yang menurun karena sudah tua merupakan beberapa faktor utama mengapa pori-pori kita terlihat lebih membesar.

Pori-pori yang tersumbat, terbuka atau membesar inilah yang menjadi penyebab utama jerawat dan komedo. Jika kalian termasuk orang yang sering bepergian keluar tentu debu dan kotoran akan menempel pada wajah kalian, hal inilah yang bisa membuat pori-pori wajah kalian membesar lagi. Agar pori-pori wajah kalian tidak menjadi sumber komedo dan jerawat, berikut ini akan saya tampilkan beberapa cara mengecilkan pori pori wajah dengan bahan alami.

1. Lidah Buaya


Dengan menggunakan lidah buaya sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah secara alami, kalian akan mendapatkan berbagai manfaat lain, seperti, menyegarkan wajah dan mencerahkan kulit wajah. Karena itu, tidak ada salahnya kalian menggunakan lidah buaya ini sebagai salah satu cara mengecilkan pori pori di wajah.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengecilkan pori wajah ini sangat mudah. Pertama ambil gel lidah buaya yang ada di tengah daunnya, lalu oleskan pada wajah sekira 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

2. Jeruk Nipis


Seperti yang kita tahu, jeruk nipis ini kaya akan vitamin C dan anti oksidan. Karena itu, jeruk nipis sangat membantu mengatasi jerawat, minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan wajah. Nah, karena dapat membantu mengangkat sel kulit mati, jeruk nipis dipercaya mampu mengecilkan pori wajah.

Cara mengecilkan pori wajah menggunakan jeruk nipis sangatlah mudah. Pertama, kalian ambil jeruk nipis, bersihkan dahulu jeruk nipis tersebut, bila sudah potong jeruk nipis hingga menjadi beberapa bagian, yang terakhir peras jeruk nipis tersebut dan teteskan pada area wajah.

3. Pepaya


Di dalam pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti oksidan akan membantu menutrisi dan melembapkan kulit wajah kalian. Pepaya sangat membantu mengatasi sel kulit mati pada wajah dan juga mengangkat kotoran di wajah. Pepaya bisa dikatakan sebagai sunscreen atau tabir surya wajah kalian.

Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan cepat menggukan bahan alami pepaya sebagai berikut. Pertama haluskan pepaya, lalu gunakan sebagai masker wajah, diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih.

4. Kulit Jeruk

Ternyata tidak hanya jeruknya saja yang bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengecilkan pori di wajah. Kulit jeruk juga memiliki manfaat sebagai salah satu cara mengecilkan pori wajah dengan cepat. Dibadingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C.

Cara menggunakan kulit jeruk ini untuk mengecilkan pori di wajah sangat mudah. Pertama jemur kulit jeruk hingga kering, lalu tumbuk hingga benar-benar halus, setelah tambahkan air, aduk hingga seperti pasta. Oleskan pada wajah sekira 30 menit. Terakhir, bilas menggunakan air hangat.

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk membantu kulit untuk mengatasi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan membantu mengecilkan pori-pori di wajah.

5. Lemon


Lemon kaya akan kandungan vitamin C dan anti oksidan. Selain itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit wajah. Terlebih lemon juga dapat digunakan sebagai salah satu cara mengecilkan pori pori wajah.

Cara mengecilkan pori-pori di wajah dengan cepat menggunakan lemon sangatlah mudah. Siapkan lemon, lalu cuci terlebih dahulu lemon tersebut, potong lemon tersebut menjadi beberapa bagian, terakhir peras lemon dan teteskan pada wajah, diamkan selama 15 menit agar lemon dapat membantu mengecilkan pori di wajah dengan cepat.

6. Tomat


Senyawa anti oksidan yang ada pada tomat yaitu lycopine terbukti ampuh dalam menangkal radikal bebas yang ada pada kulit wajah sehingga sel-sel kulit mati tidak menumpuk, pada akhirnya pori-pori diwajah pun mengecil.

Cara menggunakan tomat sebagai bahan alami untuk mengecilkan pori diwajah sangat mudah. Pertama bersihkan tomat terlebih dahulu, setelah itu tumbuk tomat hingga halus, terakhir oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih apabila sudah selesai.

7. Bengkoang

Kita sudah sering sekali mendengar manfaat bengkoang untuk kulit wajah. Nah, salah satu manfaat bengkoang untuk kulit wajah adalah dapat membantu mengecilkan pori pori. Hal ini dikarenakan bengkoang kaya akan vitamin B dan vitamin C.

Karena itu, sel kulit mati dan kotoran tidak menumpuk pada wajah, sehingga pori-pori pada kulit wajah pun tidak membesar. Cara mengecilkan pori pori wajah dengan cepat menggunakan bengkoang sangatlah mudah. Parut bengkoang lalu peras menggunakan air, gunakan sarinya sebagai masker wajah alami.

0 Response to "Cara Mengecilkan Pori-Pori di Wajah Secara Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel