Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat dan Berminyak

Sehatdaily.com-Wajah berjerawat dan berminyak dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang. Karena itu, upaya merawat wajah agar terhindar dari jerawat dan minyak berlebih pada wajah merupakan tindakan yang tepat.


Beberapa upaya merawat wajah agar tidak berjerawat dan berminyak harus kita lakukan secara konsisten setiap harinya. Untuk itu, bagi kalian yang tidak mengetahui bagaimana caranya, berikut ini akan saya tampilkan 6 cara merawat wajah agar tidak berjerawat dan berminyak.

1. Gunakan Sabun Muka Tidak Lebih Dari 2 Kali Dalam Sehari

Menggunakan sabun muka untuk membersihkan wajah merupakah langkah yang paling tepat agar wajah kita tidak berminyak dan berjerawat. Tetapi, menggunakan sabun muka lebih dari dua kali dalam sehari bukanlah ide yang bagus. Wajah kalian justru bisa lebih berjerawat karena menggunakan sabun muka yang berlebihan.

Apalagi, terdapat beberapa orang yang memang tidak memiliki ketidak cocokan dengan sabun muka. Tentu, pemilihan sabun muka yang pas untuk wajah merupakan salah satu tindakan yang tepat agar wajah kita tidak berjerawat dan berminyak.

2. Jangan Menggaruk Jerawat

Salah satu kebiasaan buruk saat ada jerawat di wajah biasanya adalah menggaruk jerawat tersebut hingga pecah. Jika kalian sering melakukan hal tersebut, saya sarankan untuk segera menghentikan kebiasaan itu. Pasalnya tangan kita ini banyak sekali terdapat kuman dan bakteri.

Jadi, apabila kalian menggaruk jerawat hingga pecah, tidak menutup kemungkinan jerawat tersebut justru akan semakin bertambah banyak, karena pecahan dari jerawat tadi menjalar ke bagian wajah yang lainnya melalui tangan kita. So, berhentilah menggaruk jerawat yang ada di wajah.

3. Cobalah Menggunakan Bahan Alami Untuk Masker Wajah

Menggunakan bahan alami sebagai masker wajah merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi wajah berjerawat dan berminyak. Salah satu cara yang saya rekomendasikan adalah menggunakan tetesan jeruk nipis.

Untuk cara membuat masker wajah secara lengkap kalian bisa membaca disini, tetapi ada beberapa orang yang memang tidak cocok menggunakan masker wajah dari bahan alami seperti jeruk nipis. Ada baiknya, kalian mencari tahu bahan alami seperti apa yang cocok untuk kulit wajah kalian.

4. Hindari Makanan Berprotein Tinggi

Beberapa makanan berprotein tinggi merupakan salah satu faktor paling besar mengapa wajah kalian berjerawat. Informasi mengenai makanan apa saja yang berpotensi tinggi menumbuhkan jerawat bisa kalian baca disini.

Kacang, coklat, telur, dan gorengan adalah beberapa contoh makanan yang menjadi penyebab mengapa wajah kalian berjerawat. Tetapi, bukan berarti kalian tidak boleh sepenuhnya makan makanan diatas, hanya saja kurangi memakan makanan diatas.

5. Mencuci Wajah Sebelum Tidur

Mencuci wajah sebelum tidur adalah salah satu tindakan preventif yang paling tepat untuk menjaga kulit wajah. Dengan mencuci wajah sebelum tidur maka diharapkan tindakan tersebut mampu mencegah tumbuhnya jerawat baru.

6. Hindari Begadang

Begadang merupakan salah satu kebiasaan buruk kesehatan. Karenanya, kita seringkali dibuat kurang produktif karena terlalu lama terjaga saaat dimalam hari. Tidak hanya berpengaruh pada kesehatan dan psikologi seseorang, begadang juga dapat menyebabkan wajah kita berjerawat karena stres yang ditimbulkan, maka dari itu kurangilah begadang untuk merawat wajah agar tidak berjerawat dan berminyak.

0 Response to "Cara Merawat Wajah Agar Tidak Berjerawat dan Berminyak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel