Dampak Negatif Gadget Bagi Kesehatan Anak

Sehatdaily.com- Di era globalisasi ini pekermbangan zaman terjadi begitu cepat. Alih teknologi pun berkembang lebih cepat ke berbagai negara. Tidak hanya di negara maju, negara berkembang seperti Indonesia pun penggunaan gadget pada kehidupan sehari-hari sudah lumrah kita jumpai.


Walaupun membawa beberapa dampak positif, penggunaan gadget pun juga ternyata membawa dampak negatif bagi anak. Dampak negatif gadget bagi anak mulai dirasakan oleh beberapa orang tua masa kini. Beberapa dampak gadget bagi anak seperti membuat anak menjadi egois, kurang berinteraksi dan malas belajar membuat beberapa orang tua menjadi khawatir.

Terlebih lagi, masih banyak orang tua yang gaptek dan tidak bisa menggunakan gadget, sedangkan anak mereka lebih mahir menggunakan gadget membuat para orang tua tidak bisa mengontrol penggunaan gadget anak, membuat beberapa orang tua semakin khawatir akan adanya gadget ini. Untuk itu berikut ini akan saya tampilkan 5 dampak negatif gadget bagi anak.

1. Membuat Anak Tergantung Pada Gadget

Menggunakan gadget terlalu sering, membuat seseorang menjadi sangat tergantung pada gadget. Beberapa aktivitas sehari-hari mungkin bisa kita lewati tanpa menggunakan gadget, tetapi karena sudah kecanduan gadget maka dengan sadar orang tersebut akan membawa gadget mereka kapanpun dan dimanapun.

Sebagai contoh ketika kalian ingin buang air besar, normalnya ketika buang air besar kalian tidak membutuhkan membawa gadget ke kamar mandi, tetapi apabila sudah memiliki ketergantungan dengan gadget, maka Anda akan merasa sangat tidak nyaman ketika gadget anda tidak dibawa.

Hal seperti itulah yang akan terjadi pada anak Anda ketika sudah memiliki ketergantungan terhadap gadget. Kurangi penggunaan gadget pada anak, agar mereka tidak memiliki ketergantungan tinggi terhadap gadget.

2. Membuat Anak Menjadi Egois

Terlalu sering bermain gadget membuat seseorang menjagi egois. Sebenarnya dampak negatif dari gadget yang satu ini tidak hanya berakibat pada anak saja, melainkan orang dewasa pun bisa menjadi egois karena terlalu sering bermain gadget.

Semua media sosial yang tersedia pada platform gadget membuat diri seseorang dirasa paling penting tanpa memedulikan lingkungan sekitar mereka.

Sebagai contoh, cobalah Anda meminta tolong sesuatu kepada anak Anda ketika ia sedang bermain gadget, kemungkingan besar anak Anda akan menolaknya karena berbagai alasan.

3. Membuat Anak Menjadi Malas Belajar

Mungkin dampak negatif yang satu ini sudah sangat ditakuti oleh para orang tua, pasalnya penggunaan gadget berlebih pada anak seringkali membuat nilai rapot mereka di sekolah menjadi turun. Ketagihan bermain game yang ada pada gadget membuat anak menjadi malas belajar.

Ditambah lagi dengan maraknya game online yang sedang berkembang pada gadget, tentu hal tersebut bisa membuat anak lebih giat lagi dalam bermain game dan membuat mereka lupa akan kewajiban mereka yaitu belajar.

4. Membuat Anak Kurang Berinteraksi Dengan Lingkungan

Salah satu efek negatif gadget bagi anak yang sangat berbahaya adalah dapat membuat anak kurang berinteraksi dengan lingkungan. Walaupun mungkin terlihat sepele, namun untuk jangka panjang anak Anda bisa kesulitan untuk berinteraksi dengan lingkungan apabila terlalu sering bermain gadget dan malas berinteraksi.

Kesulitan berinteraksi dengan lingkungan inilah yang bisa menyebabkan masalah mengakar pada masalah-masalah sosial lainnya, bahkan tidak jaran akan berakibat pada pembullyan. Masalah lainnya adalah anak Anda akan kekurangan teman karena kurangnya interaksi dengan lingkungan sekitar.

5.  Membuat Anak Menjadi Terkena Obesitas

Obesitas adalah salah satu dampak negatif dari penggunaan gadget bagi anak. Pasalnya dengan menggunakan gadget anak cenderung malas bergerak, mereka hanya akan fokus pada gadget mereka masing masing.

Karena malas bergerak inilah yang membuat anak memiliki masalah dengan obesitas. Rasa malas pada anak bisa berakibat buruk bagi kesehatan.

Lemak yang masuk kedalam tubuh anak melalui makanan seharusnya terbakar melalui berbagai aktivitas. Selanjutnya lemak yang berhasil terbakar akan menjadi energi bagi tubuh untuk menyelesaikan berbagai aktivitas yang ada.

Tetapi, karena malas bergerak maka lemak pada tubuh anak Anda mengendap. Mengendapnya lemak inilah yang membuat berat badan anak Anda naik drastis dan bisa menyebabkan masalah obesitas.

0 Response to "Dampak Negatif Gadget Bagi Kesehatan Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel