Kebiasaan Tidak Sehat Yang Sering Dilakukan Mahasiswa

Sehatdaily.com-Sebagai anak perantauan baru saya merasakan beberapa perubahan pola aktivitas saya setiap harinya. Salah satunya adalah kebiasaan tidak sehat yang sering saya lakukan secara sadar. Terbiasa tinggal satu atap berasama orang tua yang serba diatur, ternyata setelah merantau saya bisa mengambil hikmah darinya.


Semua perintah-perintah yang orang tua saya ajarkan selalu memberi dampak positif dari segi psikologis, kesehatan tubuh, dan manfaat pengetahuan agama, saya bisa merasakannya setelah berpindah ratusan kilometer dari rumah orang tua.

Ternyata walau menyebalkan petuah-petuah dari orang tua memang benar adanya. Untuk itu saya membuat artikel ini, yaitu beberapa kebiasaan tidak sehat yang mungkin sering dilakukan oleh teman-teman mahasiswa.

1. Tidur Hingga Larut Malam

Setelah hidup merantau jauh dari orang tua, biasanya teman-teman mahasiswa seringkali mencoba gaya hidup baru, yang tidak lain adalah nongkrong. Berbeda saat masih tinggal satu atap dengan orang tua jam tidur kita masih diatur, tetapi kalau sudah merantau kebanyakan mahasiswa suka sekali main hingga larut malam.

Karenanya, terkadang jam tidur kita yang sudah sehat berubah menjadi berantakan karena terlalu sering main dimalam hari.

2. Terlalu Sering Ngopi

Asam lambung, dan insomnia adalah salau efek yang ditimbulkan dari minum kopi. Oleh karena itu, terlalu sering mengkonsumsi kopi merupakan kebiasaan yang tidak sehat. Banyak teman-teman mahasiswa yang menghabiskan waktu malamnya dengan nongkrong dan minum kopi.

Hal itulah yang menurut saya tidak sehat, selain mengganggu pola tidur, minum kopi terkadang juga menyebabkan asam lambung. Karena itu, saya sarankan jangan terlalu sering minum kopi. Minumlah kopi disaat tertentu saja.

3. Jarang Olahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari olahraga antara lain untuk membakar kalori dalam tubuh, membantu melancarkan metabolisme, memperkuat otot dan masih banyak lainnya.

Nah, semua manfaat itu tidak dapat kita peroleh apabila kita tidak berolahraga. Kebanyakan mahasiswa yang saya tahu memang jarang berolahraga (termasuk saya). Tetapi, saya rasa kebiasaan jelek ini bisa kita atasi sedikit-sedikit, dengan melakukan senam ringan ketika sedang senggang.

Atau kalau memang kalian termasuk orang yang malas jogging atau lari kecil, kalian bisa membiasakan diri untuk jalan kaki. Karena dengan berjalan kaki paling tidak kalori di dalam tubuh kita bisa terbakar.

4. Pola Makan Yang Tidak Sehat Teratur

Kebiasaan tidak sehat yang sering dilakukan mahasiswa salah satunya adalah pola makan yang tidak teratur. Penyebabnya adalah karena masalah keuangan yang seringkali dialami mahasiswa karena mendekati akhir bulan.

Biasanya pada awal bulan setelah mendapat kiriman uang dari orang tua, kebanyakan mahasiswa (termasuk saya) menghabiskan banyak uang untuk nongkrong-nongkrong, yang kalau dipikir secara ekonomis sangat memakan cukup banyak isi dompet. 

Akibatnya di akhir bulan pola makan kita menjadi tidak teratur. Yang tadinya makan 3 kali sehari, berubah menjadi 2 kali dalam sehari karena masalah keuangan ini.

0 Response to "Kebiasaan Tidak Sehat Yang Sering Dilakukan Mahasiswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel