Manfaat Sederhana Dari Konsumsi Air Putih

Sehatdaily.com-Seperti yang kita tahu bahwa lebih dari 50% tubuh kita terdiri dari air. Karena itu, banyak sekali kampanye-kampanye melalui media massa mengenai pentingnya konsumsi air putih yang berkecukupan setiap hari.

Delapan gelas air putih atau sekitar 1600 ml, merupakan jumlah banyaknya air putih yang harus kita konsumsi setiap hari.

Fakta memang mengatakan tubuh kita memerlukan konsumsi air untuk memproses pencernaan, penyerapan zat atau kandungan makanan untuk energi, sirkulasi darah ataupun pencernaan lainnya.


Kita perlu mengkonsumsi banyak air agar tubuh kita tidak dehidrasi atau kekurangan cairan, yang bisa menyebabkan otot lemah, tubuh lemas, dan kram, tidak fokus, meningkatkan resiko kelelahan karena panas, bahkan stroke.

Disamping itu, pentingnya mencukupi konsumsi air setiap hari, ternyata juga membawa dampak positif bagi tubuh kita. Diantaranya tubuh kita memperoleh manfaat sebagai berikut ini.

1. Membantu Proses Pencernaan

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, bahwa mengkonsumsi air putih sebanyak delapan kali dalam sehari akan sangat membantu sistem pencernaan kita dalam memproses makanan.

Hal ini, sangat dianjurkan bagi kalian yang memiliki gangguan pencernaan, barangkali penyebabnya adalah karena kalian kurang mengkonsumsi air putih yang berkecukupan setiap harinya.

2. Membantu Mengendalikan Nafsu Makan

Bagi kalian yang merasa sulit sekali berhenti makan atau nyemil, saya sarankan untuk banyak-banyak minum air putih. Kenapa? Karena dengan minum air putih, kalian akan merasa lebih kenyang, sehingga nafsu makan kalian pun akan sedikit berkurang.

3.  Membuat Kulit Menjadi Lebih Sehat

Dehidrasi atau kekurangan air dapat membuat kulit kalian menjadi keriput di usia dini. Ditemukan pada sebuah studi bahwa, mengkonsumsi air  500 ml saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar.

Selain itu, mengkonsumsi air putih yang berkecukupan setiap hari, maka akan membantu tubuh untuk mengeluarkan racun dan membuat kulit terlihat lebih bercahaya.

4. Mengatasi Masalah Pertumbuhan Rambut

Dehidrasi juga membawa masalah bagi pertumbuhan rambut. Minum banyak air memberi nutrisi pada rambut kalian dari dalam hingga luar. Asupan air yang tidak mencukupi kebutuhan tubuh, akan membuat rambut rapuh dan helai rambut menjadi tipis.

0 Response to "Manfaat Sederhana Dari Konsumsi Air Putih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel