Manfaat Berenang Bagi Tubuh dan Kesehatan

Sehatdaily.com-Berenang umumnya dilakukan masyarakat Indonesia (+62) untuk mengisi waktu liburan mereka. Namun ternyata, berenang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita daripada sekedar mengisi waktu liburan.


Tentunya saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui seberapa pentingnya manfaat dari berenang ini. Karena itu, pada artikel ini saya menuliskan manfaat berenang bagi tubuh dan kesehatan kita.

Saya berharap dengan adanya artikel ini dapat menginspirasi kalian agar bisa membiasakan diri untuk berenang, terutama untuk mereka-mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan, karena berenang dapat membantu kita agar memiliki tinggi badan yang baik.
 
Melatih Otot dan Tulang

Berenang dapat membantu kita dalam melatih otot dan tulang. Daripada kita diam, duduk. atau tiduran di depan tv, kita bisa berenang agar tubuh kita bergerak, sehingga otot dan tulang kita akan terlalatih untuk lebih baik lagi.

Berenang juga baik untuk pertumbuhan tulang kita. Sehingga tidak heran jika dengan berenang maka dapat membantu kita agar tinggi badan tubuh kita bisa naik lebih tinggi lagi. Dengan berenang, otot dan tulang kita menjadi semakin lebih kuat karena seluruh otot kita akan bergerak dan akan terbentuk lebih sempurna. Kita tidak akan bisa menggerakkan seluruh tubuh dengan hanya bersepeda ataupun berlari.

Menyehatkan Jantung dan Paru-Paru

Gerakan-gerakan yang terjadi ketika kita sedang berenang dapat membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan dengan sendirinya pernapasan kita akan lebih terlatih menjadi lebih kuat dan juga menjadi lebih panjang.

Studi dari Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan jika perenang memiliki jumlah udara yang masuk lalu keluar paru-paru lebih baik saat pernapasan rilek dibandingkan dengan seorang pelari.

Menurunkan Berat Badan

Berenang juga dapat membantu progam diet loh guys. Dengan berenang maka kita akan membakar sekitar 200-300 kalori. Hal itu cukup membantu kita, agar kalori yang ada pada tubuh kita tidak berlebihan sehingga bisa membuat kita menjadi gemuk.

Nah, Bayangkan jika kita melakukan olahraga renang ini setiap hari. Sekitar 1400-an kalori lebih bisa terbakar setiap minggunya. Tentunya hal ini sangat membantu kalian yang memiliki hobi makan agar bisa lebih terkendali dalam penambahan berat badannya.

Meningkatkan Tinggi Badan

Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa dengan berenang dapat membantu kita dalam menaikkan tinggi badan. Pasalnya, berenang sangat membantu untuk pembentukan otot dan pertumbuhan tulang.

Makanya, jangan heran apabila ada perenang yang badannya tinggi-tinggi. Hal itu disebabkan karena saat kita berenang hampir semua bagian tubuh kita ikut bergerak, termasuk kaki yang pergerakkannya paling banyak.

0 Response to "Manfaat Berenang Bagi Tubuh dan Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel