Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Dan Wajah

Sehatdaily.com-Banyak orang yang mungkin tidak terlalu suka dengan daun kemangi. Tetapi siapa sangka, daun yang sering kali di konsumsi sebagai lalapan pecel lele ini memiliki banyak manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Tidak hanya itu, manfaat daun kemangi bagi pria juga sangat bagus, yaitu mampu memperpanjang umur sperma.


Selain itu, manfaat daun kemangi juga bisa dirasakan oleh kaum wanita. manfaat daun kemangi untuk wanita salah satunya adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan yang ada dalam daun kemangi mampu mencegah tumbuhnya jerawat.

Dan sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun kemangi yang mungkin belum kalian ketahui. Karena itu, agar kalian dapat pengetahuan lebih banyak lagi, saya sarankan kalian membaca 7 manfaat daun kemangi untuk kesehatan dibawah ini.

1. Menyehatkan Otak

Penurunan secara kognitif  telah menjadi masalah terbesar lansia saat ini. Tetapi, ada sebuah penelitian yang mengatakan jika konsumsi daun kemangi dapat mengurangi efek penurunan kognitif dari lansia, Daun kemangi dapat membantu merangsang pikiran dan meningkatkan fungsinya. 

2. Meningkatkan Selera Makan

Seperti yang kita tahu bahwa aroma daun kemangi ini sangatlah berciri khas. Karena keunikan aromanya daun kemangi dapat membantu meningkatkan selera makan. Karena itulah  tidak heran jika daun kemangi sering sekali dikonsumsi saat mentah sebagai lalapan pecel lele atau juga campuran pepes, karedok dan masih banyak lagi.

3. Menurunkan Gula Darah

Ada berbagai macam alasan mengapa banyak orang tidak suka makan daun kemangi, seperti bau atau aromanya yang menyengatlah, rasanya yang pahit dan masih banyak alasan kenapa orang tidak suka daun kemangi. Padahal daun kemangi ini memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah. Maka dari itu, kontrol gula darah kalian agar normal dengan mengkonsumsi daun kemangi secara teratur.

4. Dapat Digunakan Sebagai Minyak Pijat

Dibalik rasanya yang sedikit pahit, siapa sangka kalau minyak kemangi ini bisa kita jadikan sebagai minyak pijat dengan cara disuling. Daun kemangi mengandung minyak atsiri yang tergolong tinggi sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai minyak pijak, ditambah lagi dengan aroma daun kemangi yang menyegarkan sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan minyak pijat.

5. Anti Penuaan Dini

Daun kemangi mengandung anti oksidan, sehingga sel radikal bebas yang dapat merusak kulit dan otak yang bisa menjadi penyebab penuaan dapat teratasi dengan anti oksidan yang ada dalam daun kemangi ini. Anti oksidan dalam herbal membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas sekaligus mencegah tubuh dan pikiran dari stres oksidatif yang bisa bertahan lama.

6. Mencegah Kemandulan Bagi Pria

Salah satu manfaat daun kemangi yang populer bagi pria adalah dapat mencegah kemandulan. Manfaat daun kemangi untuk kejantanan pria memang sudah sering kita dengar melalui berbagai artikel kesehatan. Pasalnya, senyawa arginine yang terdapat pada kemangi dapat memperpanjang masa hidup sperma dan mencegah kemandulan.

7. Menyehatkan Kulit

Daun kemangi juga memiliki manfaat untuk menyehatkan kulit. Dengan membuat pasta dari daun kemangi, lalu dioleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit, maka sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang kuat akan membantu mencegah pembentukan jerawat. Cara pembuatan pasta dari daun kemangi bisa kalian baca disini.

0 Response to "Manfaat Daun Kemangi Untuk Kesehatan Tubuh Dan Wajah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel