Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan Tubuh Dan Wajah

Sehatdaily.com-Berbicara mengenai kopi memang tidak ada habisnya, pasalnya banyak manfaat kopi hitam yang perlu kita ketahui. Yang dimaksud dengan kopi hitam disini adalah kopi hitam yang murni dihaluskan dari biji kopi, bukan kopi hitam instan yang bisa kalian beli di warung atau di tempat perbelanjaan dalam bentuk sachetan.


Karena itu, beberapa manfaat kopi hitam bisa saja hilang karena kopi yang kalian konsumsi merupakan kopi instan, dalam kopi instan sendiri terdapat campuran bahan kimia dan juga gula yang menyebabkan khasiat sebuah kopi bisa saja menjadi hilang.

Beberapa manfaat kopi hitam tidak hanya untuk kesehatan tubuh bagian dalam saja, akan tetapi manfaat kopi untuk wajah juga sangatlah banyak. Untuk itu, akan saya bahas secara lengkap beberapa manfaat kopi yang perlu kalian ketahui.


1. Manfaat Kopi Hitam Untuk Meredakan Sakit Kepala

Salah satu manfaat kopi hitam yang mungkin jarang kalian tahu adalah untuk meredakan sakit kepala. Saat sedang sakit kepala, pembuluh otak memperlebar reseptor rasa sakit, lalu tekanan darah dan detak jantung meningkatkan tekanan pada pada dinding pembuluh darah.

Kandungan kafein pada kopi hitam ternyata memiliki potensi untuk meredakan sakit kepala maupun migrain. Guttler yang juga ahli di bidang toksiologi mengatakan, kopi dapat memiliki efek menenangkan migrain atau sakit kepala.

2. Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah

Salah satu manfaat kopi hitam yang wajib kalian ketahui adalah dapat digunakan sebagai masker wajah. Caranya kopi dicampurkan dengan air, lalu diaplikasikan pada wajah sekitar 15 sampai 20 menit. Untuk hasil yang lebih baik, kalian bisa mencampurkan kopi dengan madu, lemon atau lidah buaya.

Nah, menggunakan kopi sebagai masker wajah sangat berguna untuk mengangkat sel kulit mati, melembutkan dan menghaluskan kulit, menyamarkan bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, bekerja sebagai anti oksidan, dan juga dapat mengencangkan kulit wajah.

3. Manfaat Kopi Hitam Untuk Mencegah Kanker

Tahukah kalian jika mengkonsumsi kopi dengan dosis yang tepat setiap harinya juga memiliki manfaat untuk mencegah kanker kulit melanoma. Kafein yang ada dalam kopi dikatakan dapat menghambat karsinogenesis atau pembentukan kanker kulit sebagai akibat dari sinar UV.

Asupan kafein dapat memperlambat apoptosis atau kematian sel yang rusak disebabkan sinar UV, meningkatkan eliminasi DNA sel yang rusak, dan juga mengurangi peradangan sehingga tidak menjadi sel kanker.

4. Manfaat Kopi Hitam Untuk Memperlancar Metabolisme tubuh

Perlu kalian tahu bahwa kopi ini memiliki manfaat untuk memperlancar metabolisme tubuh. Namun, ada baiknya untuk menghindari kopi hitam instan, lebih baik lagi jika mengkonsumsi kopi hitam yang murni dihaluskan dari biji kopi. Hal ini untuk menghindari bahan kimia yang telah tercampur pada kopi instan.

5. Manfaat Kopi Hitam Untuk Mencegah Depresi

Depresi memang kerap kali menimpa pekerja kantoran karena stres saat bekerja ataupun masalah-masalah lainnya. Nah, jika kalian sedang stres atau suntuk, kalian bisa mengkonsumsi secangkir kopi. Mengkonsumsi secangkir kopi dinilai mampu membantu mengungari tingkat stres.

Sedapnya aroma kopi yang tercium ketika diseduh menjadikan kalian lebih rileks lagi. Tetapi usahakan jangan konsumsi kopi setiap hari, karena bisa saja hal tersebut membuat jam tidur kalian menjadi terganggu.

0 Response to "Manfaat Kopi Hitam Untuk Kesehatan Tubuh Dan Wajah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel