Manfaat Kumis dan Jenggot Bagi Kesehatan Pria

Sehatdaily.com-Seiring memasuki masa pubertas, beberapa anak laki-laki mulai tumbuh kumis dan jenggot. Setiap orang akan memiliki kecepatan dan ketebalan tumbuhnya kumis yang berbeda-beda. Saya termasuk orang yang memiliki pertumbuhan kumis dan jenggot terbilang cepat, juga kelebatannya melebihi anak laki-laki sebaya lainnya.


Ada beberapa manfaat yang saya rasakan secara langsung dengan memiliki kumis dan jenggot ini. Salah satunya adalah membuat saya terlihat lebih dewasa, dulu sebelum kumis dan jenggot tumbuh setebal sekarang, saya selalu dikira anak smp, padahal saya sudah duduk dibangku sma. Itu terjadi karena muka saya terlihat lebih muda (kata temen sih gitu).

Tetapi, setelah kumis dan jenggot saya tumbuh, entah mengapa orang-orang sekitar menyangka saya telah tumbuh begitu cepat. Mereka mengira saya yang dulunya anak smp, sekarang sudah menjadi pria berkumis lebat dan berjanggut.

Walau begitu, dampak buruknya adalah saya sering dikira orang yang sudah bekerja, ketika saya sedang mengurus administrasi di pelayanan publik, mayoritas orang-orang mengira saya berumur 20 tahunan, padahal baru kemarin saya lulus dari sma.

Itu merupakan dampak baik dan buruk memiliki janggut dan kumis yang lebat, di satu sisi kita dipandang lebih dewasa, tetapi disisi yang lain kita terlihat begitu tua. Tetapi, kali ini yang saya akan bahas pada artikel kali ini adalah manfaat kumis dan jenggot bagi kesehatan pria.

1. Mengatasi Asma dan Flu

Carol Walker, seorang ahli kesehatan rambut dan pemilik dari Birmingham Trichology Centre mengungkapkan jika kumis dan jenggot dapat menahan debu dan juga serbuk sari yang menjadi pemicu dari asma. Sehingga pemicu alergi itu tidak bisa masuk ke hidung dan paru-paru.

Dr Felix Chua, seorang dokter konsultan pernapasan di Klinik London, Harley Street juga mengatakan hal senada. Ia mengatakan: "Secara teori, kumis bisa menghentikan hal-hal yang memicu asma memasuki saluran udara, tetapi kumisnya harus besar."

2. Menambah Kepercayaan Diri

Seperti pengalaman saya diatas, jika kita memiliki kumis dan jenggot yang tebal, sebagai laki-laki ada rasa kepercayaan diri yang meningkat daripada sebelumnya. Terkadang kita akan dipandang lebih dewasa ketika memiliki kumis dan jenggot yang tebal.

Menambah kepercayaan diri ini juga bermanfaat jika kita memiliki masalah dengan wajah babyface. Singkatnya wajah babyface ini membuat kalian terlihat seperti anak kecil walau usia kalian terbilang sudah dewasa. Dengan memiliki jenggot dan kumis, maka kalian akan terlihat lebih dewasa daripada sebelumnya

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Dokter spesialis kulit terkemuka di London, Inggris, Nick Lowe mengatakan seiring berjalannya waktu, rambut di wajah (kumis dan jenggot-red) dapat membantu menjaga kelembaban dari kulit agar tetap muda dan terjaga kondisi baik.

4. Melindungi Dari Sinar UV

Para peneliti dari Universitas Queensland Australia melakukan tes untuk melihat apakah jenggot bisa melindungi wajah dari sinar matahari dan sinar yang berbahaya lainnya. Mereka menemukan bahwa dalam beberapa kasus, jenggot dapat memberikan perlindungan terhadap serangan kanker kulit.

Namun, di sinilah semuanya menjadi sedikit rumit, karena efektivitas dari jenggot sebagai tabir surya akan bergantung pada sudut dan panjang rambut wajah kalian. Beberapa jenggot tampaknya dapat menawarkan hingga 95 persen perlindungan dari sinar UV.

0 Response to "Manfaat Kumis dan Jenggot Bagi Kesehatan Pria"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel