Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

Sehatdaily.com-Pada saat apa kalian biasanya mandi menggunakan air hangat? Kalau saya pribadi sangat ingat betul pada saat masih sekolah, lalu pulang kehujanan pasti ibu saya menyiapkan air hangat dan segelas teh agar tubuh saya tidak masuk angin.


Saya ingat betul saat masih kecil sering sekali mandi menggunakan air hangat. Dan ternyata, mandi menggunakan air hangat memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat mandi air hangat dapat kita rasakan pada kesehatan tubuh kita.

Selain membuat tubuh kita menjadi lebih rileks, ternyata mandi menggunakan air hangat membuat kita lebih mudah untuk tidur sekaligus membantu mengurangi tingkat stres. Tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat mandi air hangat bagi kesehatan yang mungkin belum kalian ketahui. Selengkapnya kalian bisa membaca pada artikel ini.

1. Mengurangi Tingkat Stres

Mandi menggunakan air hangat dapat membantu kalian dalam mengurangi tingkat stres. Beberapa manfaat mandi sebelum subuh yang salah satunya menurunkan tingkat stres juga dapat kalian peroleh ketika mandi menggunakan air hangat di pagi hari.

Stres dapat disebabkan karena masalah pekerjaan ataupun tugas-tugas sekolah. Untuk mengatasinya cara yang paling mudah adalah dengan mandi dengan air hangat ini.

2. Mengatasi Rasa Lelah

Apabila kalian baru saja pulang kerja atau pulang sekolah dan merasa tubuh kalian sangat lelah, cobalah untuk mandi dengan air hangat. Dengan mandi menggunakan air hangat maka tubuh kalian akan terasa lebih rileks.

Hal itulah yang membuat kalian merasa untuk segera istirahat (tidur) setelahnya, sehingga rasa lelah itupun hilang karena kalian telah istirahat. Atau saat kalian sedang kedinginan saat perjalanan pulang dari kantor menuju rumah karena hujan, cobalah mandi menggunakan air hangat.

3. Melembapkan Kulit

Dengan mandi menggunakan air hangat akan membuat kulit membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran dan juga minyak yang menempel pada tubuh kalian. Kehangatan alami dari air hangat ini akan membantu melembapkan kulit sekaligus membuatnya lebih kenyal.

4. Mengatasi Susah Tidur

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa salah satu manfaat mandi air hangat adalah dapat merilekskan tubuh, sehingga kalian akan terbantu untuk lebih cepat tidur dari biasanya. Dengan otot-otot yang telah rileks tentunya akan membantu memperbaiki secara signifikan kualitas tidur kalian.

Nah, karena itu sangat direkomendasikan sekalia apabila kalian memiliki bath up sendiri di rumah. Kalau tidak punya sebagai alternatif kalian bisa mengunjungi tempat pemandian air panas untuk merilekskan tubuh agar lebih mudah tidur.

5. Membantu Melepaskan Racun

Manfaat mandi air hangat yang terakhir adalah membantu melepaskan racun. Dengan mandi menggunakan air hangat maka akan meningkatkan sirkulasi sistem getah bening dalam tubuh. Hal ini, akan membuat kalian berkeringat dan melepaskan keringat dan bakteri atau racun yang ada dalam tubuh kalian.

0 Response to "Manfaat Mandi Air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel