Sering Begadang, Ini Akibat Langsung Tidur Hingga Larut Malam..!!!

Tuntutan pekerjaan, tugas kuliah, dan pesanan klien yang mendekati deadline seringkali membuat kita terjaga hingga larut malam. Proses kerja yang memakan waktu istirahat kita tidaklah baik. Akibatnya, tubuh akan terasa tidak bugar dan fit di pagi dan siang hari ketika sedang menjalani berbagai aktivitas.


Selain berdampak pada performa kerja kita, kurang tidur juga membuat berbagai macam masalah kesehatan. Karenanya, bukanlah keputusan yang bijak apabila kita tidur terlalu malam. Salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh kita fit dan segar ketika bekerja adalah dengan tidur dan bangun di waktu yang tepat. Jangan tidur terlalu malam, dan jangan bangun terlalu siang pula. 

Karena tidur yang berlebihan juga dapat membuat malas dan mood kita menjadi jelek. Nah, berikut ini akan saya jabarkan lima efek yang kita dapat ketika kurang tidur secara langsung. Semoga setelah mengetahui efeknya, kalian bisa berpikir ulang ketika ingin begadang di malam hari.

Lima Efek Kurang Tidur Secara Langsung

1. Tidak Produktif di Siang Hari

Tingkat produktifitas dapat berkurang secara signifikan apabila tidur hingga larut malam. Waktu yang seharusnya kita gunakan untuk bekerja seharusnya membutuhkan banyak kalori dan kebugaran tubuh. Dan apabila malam harinya digunakan untuk begadang, maka habislah sudah tingkat produktifitas kita. 

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan beristirahat. Maka agar hal tersebut tidak terulang kembali di hari berikutnya, pastikan kalian mengembalikan jam tidur hingga normal. Beristirahatlah untuk mengembalikan seluruh tenaga, agar nantinya ketika beraktivitas di siang hari tubuh kalian sudah bugar dan bertenaga.

2. Merasa Mudah Lelah

Malas, mager, dan ngantuk bergabung menjadi satu. Itulah yang saya rasakan ketika ada jam kuliah siang hari. Banyak tugas yang harus di selesaikan keesokan harinya membuat saya begadang hingga pagi. Beruntung saat itu ibu dosen mau memakluminya dengan mengganti jam pertemuan. Hal ini bisa terjadi karena seluruh mahasiswa di kelas saya sedang mempersiapkan acara PKM saat malam hari. Membutuhkan waktu yang cukup lama hingga kami benar-benar siap dengan produk yang kami buat.

Alhasil terjaga hingga jam empat pagi, membuat  ketiga elemen diatas menghinggap di tubuh kami. Begitu nikmat rasanya ketika acara PKM selesai dan kami habiskan sisa waktunya untuk beristirahat. Merasa mudah lelah juga membuat kita tidak produktif dalam menjalani berbagai aktivitas. So, jangan tidur terlalu malam agar tetap semangat bekerja keesokan harinya.

3. Kurang Fokus

Selain penyebab medis dan psikologis, kurang fokus juga dapat disebabkan oleh kurangnya waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beristirahat. Rasa kantuk membuat tubuh kita tidak dapat menerima informasi dengan baik. Akibatnya tidak bisa fokus adalah konsekuensi yang harus kalian terima sebagai akibat kurangnya waktu untuk istirahat.

4. Malas Berolahraga

Salah satu aktivitas menyehatkan yang bisa kita lakukan di pagi hari adalah dengan berolahraga. Olahraga favorit saya selain sepak bola adalah jogging. Jogging di pagi hari dapat membangun mood yang baik sekaligus membakar kalori tubuh. So, aktivitas jogging yang menyehatkan seharusnya dapat membuat tubuh sehat bugar dan menambah semangat beraktivitas saat di siang hari. Tetapi, beda cerita apabila kalian begadang di malam hari. Terjaga hingga larut malam membuat malas untuk bangun pagi. 

Kesempatan untuk berolahraga pagi pun menjadi hilang. Mungkin aktivitas olahraga bisa diganti di sore hari, namun apakah kalian yakin dengan tubuh kalian yang sudah lelah setelah menjalani aktivitas seharian di kantor lalu berolahraga di sore harinya? Kebanyakan orang pasti akan malas-malasan dengan tubuh yang lelah, mereka cenderung memilih untuk beristirahat setelah pulang dari kantor ketimbang berolahraga terlebih dahulu.

5. Mudah Emosi

Orang yang lelah lebih mudah marah ketimbang orang pada umumnya. Hal ini terjadi pula pada orang yang kurang tidur dimalam harinya, maka ketika siang hari saat sedang beraktivitas dan menemui beberapa masalah mereka akan lebih mudah terpancing emosinya. Bagaimanapun juga, tubuh yang lelah membutuhkan dan menginginkan istirahat, apabila dipaksa untuk terus beraktivitas maka hanya emosi saja yang akan meluap-luap.

Saran terbaik mungkin ketika di malam hari terjaga hingga pagi, kalian minum segelas kopi setelah makan agar rasa kantuk tidak mudah menyerang kalian ketika sedang beraktivitas. Lalu, setelah menyelesaikan seluruh aktivitas seharian penuh, gunakanlah tubuh kalian untuk beristirahat di malam harinya. Usahakan tidur tidak melebihi jam 11 malam.

0 Response to "Sering Begadang, Ini Akibat Langsung Tidur Hingga Larut Malam..!!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel