10 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Anda Tahu!!

Sehatdaily.com-Mengkonsumsi buah jeruk mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi banyak orang. Namun mengambil manfaat dari kulit jeruk belum banyak orang yang mencobanya. Pasalnya, kulit jeruk sendiri cenderung lebih sering diremehkan atau dibuang.


Padahal kita bisa mengambil berbagai macam manfaat dari kulit jeruk. Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh dapat kita rasakan dengan berbagai macam penggunaan pula, salah satunya adalah dengan membuah teh dari kulit jeruk.

Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas mengenai cara memanfaatkan kulit jeruk sebagai teh, namun membahas mengenai 10 manfaat kulit jeruk bagi kesehatan tubuh yang dapat kita rasakan.

1. Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan

Perlu diketahui bahwa kulit jeruk kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput. Kulit jeruk juga dapat bermanfaat sebagai toner wajah yang sangat bagus. 

Cara membuatnya sangat mudah, campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, madu dan oatmeal secukupnya. Setelah itu, aduk hingga rata lalu oleskan secara menyeluruh pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

2. Memutihkan Gigi

Pada kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang bisa membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama kurang lebih 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin selama dua kali sehari, maka gigi Anda akan kembali memutih.

3. Menghalau  Nyamuk dan Serangga

Nyamuk, kecoa, dan semut api, tidak menyukai aroma jeruk yang menyengat. Oleh karena itu, letakkan beberapa lembar kulit jeruk pada sebuah mangkuk di sudut rumah untuk menghalau berbagai serangga dari rumah Anda.

4. Meredakan Setres

Biarkan kulit jeruk untuk kering dalam suhu ruangan. Lalu, hancurkan dengan blender sampai menjadi sebuah bubuk. Selanjutnya, tebarkan di dalam bak mandi dengan bubuk tersebut, dan nikmati kesegaran aroma jeruk yang menenangkan sembari berendam.

5. Menyembuhkan Flu

Kulit jeruk memiliki sebuah kandungan anti-alergi. Kulit jeruk ini akan membantu membersihkan flek paru, meningkatkan imunitas, dan meredakan flu.

6. Menurunkan Berat Badan

Kulit jeruk dipercaya oleh banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat secara efektif dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga bisa membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan. 

Dalam proses diet Anda, ganti kopi atau soda yang sering Anda konsumsi dengan sebuah teh kulit jeruk. Keringkan beberapa kulit jeruk organik, di tempat sejuk dan kering. Setelah itu, masukan 1 sendok makan kulit kering dalam 1 cangkir air panas. 

Tutup gelas, setelah itu biarkan selama 10 menit. Buang kulitnya lalu tambahkan beberapa sendok madu. Minum 2 cangkir teh per hari secara rutin.

7. Menyembuhkan infeksi, flu, dan demam

Kulit jeruk merupakan sumber terbaik yang mengandung vitamin C dan A, keduanya merupakan sumber dari antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi yang ada di dalam tubuh.

8. Meringankan Bronkitis

Penyakit bronkitis adalah salah satu penyakit yang sangat menyakitkan dan sulit untuk bisa ditangani. Dengan meminum kulit jeruk dengan rutin maka ia dapat membantu menyembuhkan dari infeksi serta memiliki efek yang menenangkan.

9. Menyehatkan pencernaan pencernaan

Di dalam kulit jeruk terkandung serat makanan yang tinggi, sekitar 100 gram kulit jeruk mengandung setidaknya 10,6 gram serat. Serat pangan memiliki manfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan juga kembung. Manfaat teh yang dikombinasikan dengan ekstrak kulit jeruk akan menenangkan sistem pencernaan Anda.

10. Memperbaiki kondisi pernapasan

Perasan jeruk penuh dengan vitamin C, merupakan sebuah pendorong peningkatan kekebalan sistem imunitas tubuh. 

Antioksidan yang ada pada jeruk khususnya vitamin C dapat membantu mencegah berbagai masalah pernapasan seperti gejala penyakit bronkitis, pilek, flu, gejala penyakit asma dan juga paru-paru.

0 Response to "10 Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Anda Tahu!!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel