Berhentilah Merokok Demi Masa Depan Yang Lebih Cerah

Sehatdaily.com-Saya tahu, berhenti merokok bukanlah hal yang mudah. Sekedar berniat menghemat uang saja terkadang tidak cukup untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Saat menulis artikel ini saya berada di kos teman saya, seorang perokok berat.


Dia rela makan mie instan berhari-hari demi kelangsungan hidupnya, dengan dalih uang kiriman menipis. Tapi lucunya, wadah rokok kalengan tergeletak disampingnya.

Mengambil batang rokok baru, nyala api membakar ujungnya, diisaplah rokok itu. Mengepul asapnya memenuhi udara kosan.

Harga satu kaleng rokok itu berkisar 60rb dengan isi 50 batang rokok. Enam kali porsi makan burjo bisa membuat perut kenyang ketimbang rokok itu, pikir sebagian banyak orang.

Memang benar, tetapi Anda juga harus mengetahui kenapa sebegitu sulitnya orang susah berhenti merokok yang pernah saya bahas pada artikel sebelumnya. Baca penyebab mengapa orang sulit berhenti merokok.

Fokus kali ini saya akan memberikan pendekatan akan manfaat yang bisa Anda peroleh apabila berhenti merokok. Dari ini, Anda bisa membaca pokok bahasan artikel dibawah.

Manfaat berhenti merokok

Finansial

Jelas, secara finansial jika Anda berhenti merokok maka kondisi keuangan Anda akan sedikit lebih baik.

Paling tidak, satu porsi makan bisa Anda hemat jika komitmen berhenti merokok dapat terlaksana dalam satu hari dengan asumsi Anda mengkonsumsi satu bungkus dalam satu hari.

Bayangkan dalam sehari porsi makan Anda terbakar oleh putung rokok, sangat disayangkan bukan? Anda bisa membuat target menabung sesuatu agar tekad berhenti merokok Anda bisa betul-betul terlaksana.

Sebagai contoh, buatlah target menabung untuk berhaji. Dengan tunjuan semulia itu, kuatkan tekad Anda, dimulai dari yang terkecil yaitu menabung dari uang rokok.

Yang jelas, jangan sampai Anda kekurangan gizi gara-gara rokok. Alih-alih membuat tubuh sehat, merokok justru dipandang merugikan secara finansial masa kini dan masa yang akan datang, karena efek samping dari rokok itulah yang akan jadi beban hidup Anda kedepan.

Boleh jadi Anda tetap sehat selama konsumsi rokok puluhan tahun, tapi bayangkan bagaimana kesehatan orang-orang disekitar Anda? Saya rasa hal tersebut patut Anda pertimbangkan.

Kesehatan

Jikalau merokok membawa kesehatan tak perlu pemerintah mengkampanyekan untuk berhenti merokok segencar sekarang. Dengan banyaknya iklan baya merokok, serta berbagai gambar korban yang terkena penyakit karena rokok, belum juga membawa begitu banyak dampak yang berarti.

Paling tidak pemerintah telah memberi tahu bahwa merokok tidak sehat. Selebihnya orang tersebut masih merokok atau tidak adalah hak masing-masing.

Satu hal pasti yang perlu Anda ingat apabila Anda adalah seorang perokok, kesehatan adalah aset yang tidak ternilai. Jangan sampai Anda berhenti merokok ketika itu diharuskan.

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam niatnya berhenti merokok. Berhentilah demi Anda dan keluarga yang Anda cintai.

Lingkungan sekitar

Sepertinya saya sudah menyinggung perihal ini diatas. Tidak hanya perokok saja yang dapat terkena efek samping dari asap rokok, orang sekitar juga terkena dampak dari asap rokok tersebut.

Bahkan dalam beberapa kasus terdapat beberapa orang terkena kanker paru-paru walau dia tidak merokok, salah satu penyebabnya adalah lingkungan dia yang dipenuhi oleh perokok membuatnya menjadi perokok pasif dengan resiko tinggi.

Sungguh menyayat melihat kasus tersebut. Paling tidak dengan adanya contoh korban perokok pasif sudah saatnya bagi Anda perokok untuk sadar akan lingkungan tempat dimana Anda merokok, pastikan Anda merokok di tempat terbuka dan jangan membuang asap rokok pada teman Anda.

Lebih-lebih jika Anda sadar diri akan kesehatan dan beribu-ribu manfaat yang akan Anda dapatkan ketika berhenti merokok saya kira itu lebih baik.

Terhindar dari ketergantungan

Salah satu alasan mengapa orang sulit berhenti merokok adalah karena mereka merasa ketika merokok mereka lebih mudah mendapatkan inspirasi, ide untuk memecahkan masalah, merasa lebih tenang, nyaman dan sejenisnya.

Karena itu Anda menjadi tergantung pada rokok, Anda merasa tanpa rokok ide-ide itu raib hilang kemana sama halnya dengan ketenangan dan kejernihan yang didambakan.

Sejatinya ketergantungan tersebut membuat lemah, membuat Anda baru bisa melakukan sesuatu apabila ada faktor rokok sangat merugikan Anda banyak hal.

Ketika Anda sangat membutuhkan ide dan ingin merokok, ketahuilah bahwa Anda hanya perlu menanamkan sugesti yang kuat pada diri Anda bahwa ide tersebut bisa Anda dapatkan tanpa merokok terlebih dahulu.

Dengan sugesti tersebut Anda harus yakin dengan diri sendiri bahwa tanpa rokok pun Anda bisa mandiri

0 Response to "Berhentilah Merokok Demi Masa Depan Yang Lebih Cerah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel