Jangan Dibuang! Inilah Manfaat Makan Kulit Apel Bagi Kesehatan

Sehatdaily.com-Seringkali saat memakan buah apel kita membuang bagian kulitnya. Ada berbagai macam alasan untuk melakukan hal tersebut. Salah satunya adalah kekhawatiran akan adanya zat lilin dan pestisida yang ada pada apel.

Ya, alasan tersebut memanglah masuk akal. Namun, menggunakan argumen tersebut untuk dijadikan alasan menghindari kulit apel saya rasa kurang tepat. Pasalnya, kulit apel yang seringkali kita remehkan ini bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh.

Karena itu memakan buah apel bersama kulitnya mungkin sesekali patut anda coba sendiri. Ada empat manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi kulit buah apel. Diantaranya adalah berikut ini.


1. Sebagai Sumber Serat

Serat adalah nutrisi penting diperlukan untuk menjaga kelancaran proses pencernaan. Nutrisi yang termasuk dalam karbohidrat kompleks ini juga dapat mengurangi resiko terkenanya sembelit, diabetes, irritable bowel syndrome, hingga kanker usus besar.

Apabila Anda belum pernah makan apel dengan kulitnya, mungkin ini saat yang tepat untuk menghentikan kebiasaan tersebut dan mulailah mencoba mengkonsumsi kulit buah apel.

Pasalnya, mengupas kulit apel ternyata dapat menghilangkan jumlah serat yang tadinya sebanyak 5,4 gram menjadi hanya 2,8 gram saja. Jumlah ini hampir setara dengan setengah dari kandungan serat total yang ada pada buah apel.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Selain itu, kulit apel ternyata memiliki manfaat untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Temuan ini diperoleh dari sebuah penelitian yang membahas mengenai pengaruh ekstrak kulit apel terhadap pertumbuhan beberapa jenis kanker.

Penelitian tersebut mengemukakan bahwa ekstrak kulit apel gala memiliki potensi terbesar dalam mencegah terkenanya kanker.

Kulit apel mengandung sejenis protein yang disebut dengan maspin. Protein ini bekerja dengan menghambat pembentukan pembuluh darah di sekitar tumor serta mencegah sel kanker dapat menyebar.

Walaupun masih penelitian ini masih perlu dikaji lebih lanjut untuk membuktikan keabsahannya, efek melawan kanker yang terdapat pada ekstrak kulit apel tergolong kuat.

3. Menjaga Kesehatan Sendi

Manfaat lain dari kulit apel yang dapat Anda peroleh adalah mengurangi gejala dan nyeri kronis pada penderita gangguan sendi.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa konsumsi bubuk kulit apel secara rutin selama 2-12 minggu meningkatkan gerak sendi yang tadinya terbatas dapat menjadi lebih baik.

Ini disebabkan karena kulit apel sangat kaya akan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan pada kulit apel bahkan jauh lebih banyak daripada daging buahnya.

Itu sebabnya Anda lebih disarankan untuk makan apel beserta dengan kulitnya. Senyawa antioksidan ini berperan langsung pada sel tubuh dengan melindunginya dari radikal bebas dan inflamasi atau (peradangan).

4. Memberikan Lebih Banyak Nutrisi

Sebuah apel yang berukuran besar dengan kulit mengandung sebanyak 116 kkal energi, 5.4 gram serat, 239 miligram kalium, 10 miligram vitamin C, 4,9 mikrogram vitamin K, dan juga 120 IU vitamin A.

Walaupun dengan mengupas kulit apel tidak menghilangkan nutrisinya, namun jumlah yang akan Anda dapatkan tentu berkurang.

Jika Anda mengonsumsi apel lengkap beserta kulitnya, tubuh Anda akan mendapatkan 332% lebih banyak vitamin K, 115% lebih banyak vitamin C, 20% lebih banyak kalsium, dan 142% lebih banyak vitamin A.

Namun, seperti yang sudah saya jelaskan diatas alangkah baiknya sebelum mengkonsumsi kulit buah apel Anda harus mencuci buah apel itu terlebih dahulu. Cucilah dengan bersih tanpa menggunakan sabun. Karena sabun dapat meresap kedalam buah.

0 Response to "Jangan Dibuang! Inilah Manfaat Makan Kulit Apel Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel