Tips Cara Berhenti Merokok Untuk Selamanya

Sehatdaily.com-Ada orang yang beranggapan dalam bhs Jawa "Udud mati, ora udud ya mati" (atau dalam bhs Indonesia Ngerokok mati, tidak merokok pun juga mati). Anggapan seperti itu adalah racun yang menyebabkan perokok semakin sulit untuk menghentikan kebiasaan merokoknya.


Dewasa ini, kita mengetahui bahwa merokok tidak hanya menyebabkan dampak negatif bagi diri sendiri, melainkan tubuh orang lain yang menghirup asap rokok pun bisa terkena dampak negatif dari asap rokok tersebut. Seharusnya, dengan adanya informasi itu seyogyanya perokok mulai memperhatikan dan mengurangi tempat-tempat dimana dia merokok.

Apa yang terjadi dilapangan sungguh berbeda. Anda bisa menemukan perokok dimanapun, entah diangkot, bus, kantin, warung burjo, alun-alun, dan tempat umum lainnya. Banyaknya jumlah perokok yang ada tidak hanya membawa dampak negatif bagi diri mereka, melainkan lingkungan sekitar juga merasakan sesaknya asap rokok.

Dari informasi diatas dapat diketahui bahwa banyak sekali dampak negatif dari merokok. Walau demikian, perlu kita ketahui terlebih dahulu jika sebenarnya ada beberapa alasan seorang perokok sulit untuk berhenti.

A] Hambar. Rasa hambar pada indera perasa seorang merokok seringkali dijadikan alasan untuk mereka-mereka mengisap sebatang rokok setelah makan.

B] Sugesti. Banyak perokok yang mengungkapkan ketika sedang stres atau butuh suatu ide, merokok adalah jalan yang biasa mereka tempuh untuk menenangkan pikiran mereka, sekaligus memperoleh pemikiran-pemikiran cemerlang saat sedang merokok.

Tidak lebih sebenarnya ini hanya sebuah sugesti, sama dengan seseorang yang merasa mendapatkan inspirasi ketika meneguk segelas kopi dibawah naungan sore hari, atau orang-orang biasaya menyebutnya anak indie.

Cara Berhenti Merokok Secara Alami

1. Menggunakan Pola Makan Sehat

Pola makan sehat menjadi salah satu upaya untuk mengatasi kecanduan merokok. Beberapa orang mengaku kurang berselera ketika makan sebelum merokok terlebih dahulu, hal ini bisa terjadi karena efek nikotin yang ada pada rokok terhadap indera perasa yang membuatnya menjadi terasa hambar.

Saat berhenti merokok cobalah untuk menjalani pola makan sehat untuk memberi nutrisi tubuh juga sebagai pengingat dalam menjalani pola hidup sehat. Efek dari nikotin tersebut dapat sedikit demi sedikit bisa hilang apabila Anda menjalani pola hidup sehat serta memikirkan berbagai macam keuntungan yang bisa Anda peroleh apabila melakukan pola hidup sehat.

2. Hindari Pemicu

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi ingin merokok, seperti bergaul dengan merokok, meminum kopi atau bahkan meminum minuman keras. Hindari pemicu-pemicu tersebut, sebaliknya alihkan kebiasaan merokok dengan hal lain seperti mengkonsumsi permen, membersihkan gigi, dan sebagainya.

Biasanya perokok mulai merokok setelah selesai makan, hindari kebiasaan tersebut. Hal ini sejalan dengan teman saya yang perokok aktif, dia selalu merokok setelah makan, kurang lengkap rasanya jika makan dan minum tidak dilengkapi dengan sebatang rokok, begitu ungkapnya sambil menyebul asap rokok pada saya. Agar bisa berhenti merokok, menurut saya pemicu-pemicu tersebut harus bisa dilawan oleh keinginan yang kuat dalam upaya berhenti merokok.

3. Motivasi diri

Cara memotivari diri untuk berhenti merokok dapat terlaksana dengan baik jikalau kita memiliki target dan tujuan. Semisal, Anda ingin mengajak seluruh keluarga Anda liburan keluar kota. Tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Gunakan motivasi tersebut untuk mengalihkan uang rokok Anda yang nantinya hasil dari uang tabungan tersebut Anda gunakan untuk mengajak liburan seluruh keluarga Anda.

Kisah ini juga dialami oleh seorang pria yang menabung menggunakan uang jatah rokoknya untuk membeli sebuah sepeda motor. Termuat di dalam tribun jogja, jatah perbungkus uang rokok yang berkisar Rp 20.000 dikumpulkan hingga uang tersebut mampu ia gunakan untuk membeli sebuah motor.

Itulah tiga hal yang bisa Anda lakukan agar bisa berhenti merokok. Sejatinya entah apapun alasan seseorang kecanduan dengan rokok satu-satunya cara untuk berhenti dari lingkaran setan itu hanya ada pada pribadi masing-masing. Dengan tekad yang kuat, keinginan untuk berhenti merokok pasti bisa diatasi.

0 Response to "Tips Cara Berhenti Merokok Untuk Selamanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel